Selasa, 18 Agustus 2015

BAHAYANYA TUBUH KURANG SAYUR

Sayur adalah salah satu makanan yang kaya akan vitamin. Makanya dari dulu orangtua kita rajin banget menyuruh anak-anaknya untuk doyan makan sayur. Tapi, apa daya, kadang emang ada anak-anak yang ogah banget makan sayur.

Nah, berikut ini dibawah ini mengulas beberapa penyakit kalau kurang makan sayur.

1.Kanker usus Salah satu faktor penyebab kanker usus adalah kebiasaan tidak suka makan sayur. Kalau tidak suka, asupan sayur ke tubuh bisa kurang dan berakibat kekurangan serat, padahal serat adalah zat penting untuk membantu mengeluarkan kotoran dalam bentuk tinja. Kalau kotoran dikeluarkan lebih lama, maka akan ada zat atau racun yang diserap kembali dan menyebabkan kelainan sel yang memicu terjadinya kanker.

2.Kekurangan vitamin Contoh penyakit karena kekurangan vitamin adalah rakhitis dan scurvy (ditandai dengan rasa lemas, kurang darah, radang gusi, perdarahan pada kulit, misalnya sariawan).

Kekurangan sayuran bisa menyebabkan penyakit tersebut karena pada sayuran terkandung vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga tulang dan jaringan tetap kuat, serta menjaga pembentukan sel darah merah dan sistem saraf pusat. Tubuh bisa nggak berfungsi dengan benar, kalau kekurangan vitamin dan mineral.

3.Masalah pencernaan Selain kanker usus, kekurangan serat karena kurang makan sayur, bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti konstipasi atau sembelit, juga meningkatkan kadar kolesterol.

4.Penyakit kardiovaskular Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, misalnya penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi, penyakit jantung rematik, pembesaran aorta, dan lain-lain.

Penyakit ini bisa muncul karena kurang makan sayur. Kurang makan sayur, bisa menganggu keseimbangan kalium dan natrium pada tubuh dan bisa meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi dan stroke.

5.Penyakit kulit Kurang makan sayur terutama serat, juga bisa bikin jamur di dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya tubuh rentan terkena penyakit kulit, seperti jerawat dan ruam kulit. Ayo, sob, perbanyak makan sayur dan seimbangkan menu makan harianmu. Semoga bermanfaat.