Kamis, 27 Agustus 2015

TEROID

Hipertiroid adalah kondisi di mana kelenjar tiroid terlalu aktif memproduksi hormon tiroid. Akibatnya, kadar hormon tiroid dalam darah sangat tinggi. Padahal hormon ini hanya diperlukan dalam jumlah sedikit.

Kelenjar tiroid adalah organ berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di persis di bawah jakun. Organ ini berfungsi memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid sendiri sangat penting dalam proses metabolisme makanan menjadi energi, juga untuk mengendalikan pertumbuhan tubuh.

Manfaat lain hormon tiroid yang tidak kalah penting adalah mengatur suhu tubuh, mempengaruhi denyut jantung, dan mengontrol produksi protein.

Penyebab tersering hipertiroid adalah Penyakit Grave's. Penyakit ini timbul karena sistem kekebalan tubuh manusia menyerang kelenjar tiroid, sehingga timbul respon berupa produksi hormon tiroid dalam jumlah sangat banyak. Penyakit Grave's biasanya mengenai mereka yang saling bertalian darah.

Di samping penyakit Grave's, hipertiroid juga dapat disebabkan oleh pembengkakan kelenjar tiroid atau pembentukan benjolan pada kelenjar tiroid. Penyebab lain hipertiroid adalah infeksi kelenjar tiroid oleh virus atau bakteri, keadaan ini disebut tiroiditis.

Selain itu, hipertiroid dapat juga diakibatkan oleh pertumbuhan sel kanker di dalam kelenjar tiroid.

Gejala hipertiroid dapat menyerupai gejala penyakit lain, sehingga kadang-kadang sulit untuk didiagnosis. Selain itu, gejala hipertiroid sangat banyak dan beragam. Beberapa diantaranya adalah:

1. Berat badan turun meskipun nafsu makan dan jumlah makanan yang dimakan

tidak mengalami perubahan;

2. Denyut jantung lebih cepat (> 100 kali per menit), tidak beraturan, dan

kadang-kadang muncul perasaan berdebar-debar;

3. Timbul rasa gugup, cemas, dan gampang tersinggung;

4. Tangan atau ujung jari gemetar;

5. Turun keringat berlebihan;

6. Bagi wanita, pola haid berubah-ubah;

7. Sensitif terhadap suhu panas;

8. Buang air besar lebih sering;

9. Kelenjar gondok membesar;

10.Letih, lesu, dan loyo;

11.Susah tidur;

12.Kulit terlihat menipis dan rambut menjadi rapuh;

13.Pada hipertiroid akibat penyakit Grave's, mata tampak membelalak terus menerus.